Info Terbaru 2022

Prinsip Diet Anti-X Ke 2: Menjaga Asupan Karbohidrat Rendah Glikemik

Prinsip Diet Anti-X Ke 2: Menjaga Asupan Karbohidrat Rendah Glikemik
Prinsip Diet Anti-X Ke 2: Menjaga Asupan Karbohidrat Rendah Glikemik
Menjaga Asupan Karbohidrat Rendah Glikemik Dalam Diet Anti-X - Apa Itu Index Glikemik?, Diet rendah gula menjadi inspirasi dasar diet anti X (hipertensi, diabetes, peningkatan level lemak darah (trigleserida & kolesterol) dan obesitas). Anda harus terpelajar memilih karbohidrat yang layak untuk Anda konsumsi. Dalam diet anti X, karbohidrat yang harus Anda konsumsi ialah karbohidrat yang rendah glikemik.

Memahami Indeks Glikemik
Indeks glikemik ialah satuan yang mengatakan keceptan ajaran gula ke dalam darah oleh suatu sumber karbohidrat. Kecepatan ajaran glukosa tersebut bergantung kandungan karbohidrat Efective Carbohidrat Content (ECC) dari suatu makanan.
Efective Carbohidrat Content (ECC) = Karbohidrat Total – Serat Pangan
Keterangan:
Karbohidrat Total : Total karbohidrat pada suatu materi pangan yang terdiri atas tepung, gula, dan serat.

Serat pangan : Polisakarida yang tidak tercerna oleh enzim pencernaan berupa serat larut dalam air dan serat tak larut dalam air.


Tinggi rendahnya ECC di tentukan oleh kadar serat dari masakan yang bersangkutan. Serat ialah karbohidrat yang tidak sanggup dicerna oleh enzim pencernaan, maka serat tidak masuk ke dalam ajaran darah. Sehingga serat tidak mengakibatkan kenaikan gula darah. Semakin tinggi kandungan serat maka semakin rendah indeks glikemik dari makanan. Diet anti X tidak menganjurkan kepada Anda untuk berpantang karbohidrat.

Manfaat Makanan Rendah Glikemik

Makanan yang rendah glikemik ialah masakan yang mengandung karbohidrat kondusif di konsumsi. Karena meskipun di konsumsi dalam jumlah banyak tidak mengakibatkan kadar gula dan insulin cepat meningkat. Berusahalah selalu memperbanyak konsumsi masakan yang mempunyai indeks glikemik rendah supaya Anda selalu merasa kenyang dan tidak tersiksa alasannya ialah ketagihan gula.
Mengonsumsi masakan yang mempunyai indeks glikemik rendah mempunyai banyak manfaat, antara lain:
ü  Mencegah ketagihan gula alasannya ialah member kepuasan hormon yang bekerja diotak dan perut.
ü  Menambah asupan serat harian dalam jumlah cukup banyak.
ü  Mengenyangkan, sehingga menunda datangnya waktu lapar.
ü  Menambah asupan nutrisi mikro alasannya ialah karbohidrat kompleks mempunyai kandungan nutrisi mikro yang tinggi.
ü  Mengendalikan kadar lemakdarah
ü  Menambah asupan sejumlah fitonutrisi dan fitokimia.
ü  Menambah asupan protein dan lemak.

ü  Meningkatkan pasokan  asam amino dan asam lemak esensial yang bermanfaat bagi tubuh. 

Makanan Berglikemik Rendah Pilihan Diet Anti X

Setiap jenis materi pangan mempunyai indeks glikemik yang berbeda-beda, dari mulai yang sangat rendah sampai sedang. Bagi Anda yang menjalani diet anti X, Anda sanggup mengonsumsi masakan yang berglikemik rendah dari masakan pokok dan masakan selingan.

Makanan Pokok : nasi dari beras pecah kulit (brown rice/ healthy rice), oatmeal, biji gandum utuh, bekatul, jewawut (millet), sereal jagung, atau jagung tumbuk kasar.

Makanan Selingan : Kacang-kacangan, sayuran daun, sayuran buah, buah-buahan tertentu yang diperbolehkan dalam diet anti X, telur, daging, susu, polong-polongan.

[ Pada halaman selanjutnya akan kami bahas : Cara Memadukan Makanan Berglikemik Rendah dengan Menu lain ]
Advertisement

Iklan Sidebar